Selasa, 04 Oktober 2016

manfaat tanaman purwoceng

manfaat tanaman purwoceng. Purwoceng merupakan tanaman yang hanya hidup di dataran tinggi dieng yang sudah diteliti oleh banyak sekali kampus ternama sebagai tanaman yang tergolong dalam herbal aprodhisiac ( pembangkit kejantanan ) alami dengan daya dorong setara ginseng siberia. purwaceng memang sudah turun temurun dikonsumsi oleh masyarakat dieng sebagai minuman penghangat tubuh setelah lelah seharian bekerja. 



batang tanaman purwoceng


manfaat tanaman purwoceng. merupakah tanaman perdu yang tumbuh di lahan pertanian terutama di dekat dengan kawah atau sumber air panas. karena tanaman purwaceng tidak disukai hama ulat sehingga banyak yang sengaja ditanam di tanggul pembatas tanah dan akar purwoceng direbus untuk digunakan sebagai pestisida alami untuk campuran nematosida. sedangkan daun purwoceng diberikan kepada kambing dan sapi.





manfaat tanaman purwoceng. dari pengalaman sehari hari bahwa hewan ternak yang dikasih makan daun purwoceng, nafsunya meningkat. akhirnya ada yang mencoba bikin rebusan tanaman purwoceng dengan ditambah gula batu agar lebih manis dan ternyata banyak yang menyukai hingga menjadi menu minuman khas dataran tinggi dieng yang juga merupakan objek wisata dunia. 



bibit purwoceng dalam pot


manfaat tanaman purwoceng. kemudian karena banyak wisatawan yang datang berkunjung dan ikut menikmati minuman khas dieng. purwoceng. sehingga cerita berkembang dan purwoceng menjadi minuman viagra van java. namun karena sedikit yang tahu seperti apa sih tanaman purwaceng, sehingga banyak yang tertipu dengan tanaman merambat yang sebenarnya tidak ada khasiatnya apa-apa namun disebut sebagai purwoceng.



manfaat tanaman purwoceng. tanaman purwoceng yang benar adalah tanaman perdu ( bukan tanaman merambat ), berdaun menjari seperti seledri, berbatang air tegak berwarna ungu kehijauan. boleh dibilang untuk orang awam. tanaman purwoceng itu adalah tanaman selederi ungu berukuran jumbo. ketinggian maksimal 50 cm dari tanam dan tidak bisa diperbanyak dengan stek batang atau mencangkoknya. 




bibit purwoceng palsu


manfaat tanaman purwoceng. perbanyakan purwoceng dengan cara penyebaran biji yang berasal dari bunga yang bermekaran diawal musim kemarau dan biji berwarna putih pucat sebesar beras. setiap bekas kelopak bisa memiliki 3-4 biji purwoceng. jika disemai dalam 3 minggu akan mulai muncul kecambah yang bisa dipindah ke polibag. setelah 2 bulan. tanaman purwoceng bisa dipisahkan ke kebun. masa panen mulai bisa dilakukan setelah tanaman purwoceng berumur 9 bulan ( berarti total dari menyemai 12 bulan ). 



manfaat tanaman purwoceng. panen tanaman puwoceng dapat dilakukan setelah selesai berbunga dengan cara dicabut hingga akarnya atau hanya diambil batang dan daunnya saja sebagian. namun karena lambatnya pertumbuhan tanaman purwoceng dan juga biji yang dihasilkan tidak banyak sehingga teknik panen ambil batang dan daun yang lazim dilakukan. setiap pohon dapat dipanen hingga 3 kali panen. setelah itu harus diganti dengan tanaman baru. 



bibit purwoceng siap tanam di lahan



manfaat tanaman purwoceng. setelah dipanen, batang purwoceng dijemur hingga kering dengan cara dijemur gantung. mitosnya jika menjemur purwoceng ditanah maka kualitas sperma yang dihasilkan akan buruk dan selain itu nafsu birahi lelaki yang minum purwoceng yang dijemur ditanah akan seperti hewan cari musuh seadanya saja yang penting tersalurkan. namun pandangan ini mungkin hanya sekedar mitos saja. 



manfaat tanaman purwoceng. di dunia mulai melirik untuk ikut budidaya purwoceng didaerahnya terutama di daerah sub tropis dan daerah dingin. seperti daerah siberia rusia yang sengaja menanam purwaceng dilahan pertanian ginseng. namun sepertinya tanaman purwaceng tidak bisa tumbuh seperti yang diharapkan. karena purwoceng tidak hanya butuh cuaca dingin vulkanis. namun juga matahari yang bersinar teduh sepanjang hari namun tidak begitu panas. itulah istimewanya purwoceng di dataran tinggi dieng. 







manfaat tanaman purwoceng. sekarang udah ada produk purwoceng yang praktis dan mudah dikonsumsi dengan khasiat yang terjamin. namanya PURWOCENG JAHE INSTAN dalam kemasan 200 gram yang dikemas cantik dengan tambahan gula merah kristal yang aman untuk penderita gula darah dan kolesterol. selain itu gula merah kristal ( gula semut ) bisa menyerap kristal asam urat dipersendian. harga murah hanya Rp 150.000/bungkus. terbuka peluang keagenan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar